Sosialisasi Profesi Akuntansi "Teknisi Akuntansi dan Peran/Tantangan di Masa Depan" di Jepara

11/30/2016 1:59:38 PM

Jepara, 30/11/2016 Kemenkeu, Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSP-TA) pada tanggal 28 November 2016 telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi terkait profesi teknisi akuntansi dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSP-TA) di Universitas Islam Nahdlatul Ulama di Jepara. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka memberikan informasi kepada para akademisi dari SMK, Universitas maupun kepada calon-calon Teknisi Akuntansi sendiri. Peserta yang mengikuti sosialisasi ini berjumlah 100 orang.

                Pada sesi pertama, Bapak Eko Suprapto selaku Plh. Kepala Subbidang Pengembangan Profesi Akuntansi memaparkan materi tentang peran Kementerian Keuangan dimana disini di wakilkan oleh PPPK terhadap profesi keuangan. Beliau menjelaskan dasar hukum dan sejarah terbentuknya PPPK, kemudian menjelaskan tentang tugas dan fungsi PPPK sebagai regulator beberapa profesi keuangan di Indonesia. Selain itu Bapak Eko Suprapto juga menjelaskan tentang bagaimana mendapat seritifikasi dalam masing-masing profesi keuangan yang dibina oleh PPPK.

                Bapak Eko Suprapto juga menjelaskan tentang peran penting dari semua profesi keuangan khususnya teknisi Akuntansi dalam menghadapi dunia kerja bebas yang sekarang ini di kenal dengan Masyarakat Ekonomi Asia, sehingga informasi mengenai pentingnya peran para profesi keuangan tersampaikan kepada seluruh peserta sosialisasi

                Pada sesi kedua, Bapak Wibowo sebagai perwakilan dari LSP-TA memaparkan tentang profesi teknisi akuntansi. Bapak Wibowo menjelaskan secara rinci mengenai tugas dan fungsi LSP-TA juga peran nya dalam membina profesi Teknisi Akuntansi. Bapak Wibowo juga memaparkan level-level dari profesi Teknisi Akuntansi berdasarkan tingkat pendidikannya, juga cara mendapatkan sertifikat resmi dari LSP-TA untuk menjadi Teknisi Akuntansi sesuai dengan levelnya, kemudian Bapak Wibowo mengajak para peserta sosialisasi untuk menggerakan dan meningkatkan pertumbuhan Teknisi Akuntansi di Indonesia agar bisa menguasai pada MEA mendatang.

                Bila dikaji lebih dalam, sebenarnya potensi yang dimiliki peserta uji sertifikasi Teknisi Akuntansi ini sangat menjanjikan, sehingga diharapkan semua siswa yang telah berkompeten lulus ujian sertifikasi bisa terserap sepenuhnya di bidang pemerintahan maupun swasta. Disampaikan juga untuk meningkatkan kualitas dan independensi dari lembaga pendidikan yang menyelenggarakan ujian sertifikasi Teknisi Akuntansi dibutuhkan penyamaan standar maupun pertukaran pendamping ujian antar sekolah yang mana akan tercipta suatu pola yang transparan dan merata.



Back to List


Eselon I Kementerian Keuangan